Jalur Yosemite yang terabaikan ini memiliki beberapa pemandangan lembah terbaik | Gaya Hidup

Yosemite adalah lembah yang menari-nari. Bentang alam yang luar biasa — tebing-tebing besar dan air terjun raksasa — merupakan hasil dari gerakan selama jutaan tahun saat gundukan granit terdorong ke permukaan dan gletser serta air memotongnya menjadi bentuk-bentuk yang dramatis.

Namun, gerakan tarian Yosemite saat ini jelas kurang menarik, karena lembah itu kembali dipenuhi, tetapi kali ini oleh gerombolan wisatawan. Sulit untuk menikmati pemandangan ketika setiap pemandangan Half Dome tampaknya tenggelam oleh bunyi klakson bus wisata yang mundur atau teriakan orang tua yang membentak anaknya.

Namun, akhir pekan lalu saya mendapati diri saya bertengger di tepi lembah, memandangi dua objek wisata paling menakjubkan di Taman Nasional dalam kesunyian total. Air Terjun Bridalveil mengalir di bawah saya, cipratan airnya menari dalam pelangi warna-warni, sementara tembok El Capitan berdiri di belakangnya. Pemandangan itu cocok untuk kartu pos atau film Ken Burns atau linimasa seorang influencer.

Saya menikmati pemandangan ini hanya dengan istri saya. Kami berada di Pohono Trail, jalur luar biasa yang menelusuri tepi selatan Lembah Yosemite, yang memberikan kami pemandangan taman ikonik yang menakjubkan. Kami menghindari kerumunan Yosemite, dan saat melakukannya, kami menemukan sesuatu yang sangat tidak biasa dan menyenangkan yang menyegarkan taman dengan tingkat energi yang sama sekali baru bagi saya.

Kode curang untuk mendapatkan pemandangan terbaik Yosemite

Pohono Trail, yang namanya diambil dari bahasa Miwuk untuk Air Terjun Bridalveil, membentang di sepanjang sisi selatan Lembah Yosemite, dimulai dari Tunnel View di tepi barat lembah. Jalur ini menanjak di dinding lembah dan mengarah ke timur, menyusuri tebing sambil melihat tepi lembah hingga ke Glacier Point.

Menempuh seluruh jalur dari Tunnel View di barat hingga Glacier Point di timur merupakan pekerjaan berat: 15 mil dengan lebih dari 5.000 kaki pendakian vertikal. Namun, ada sedikit rahasia: Anda tidak perlu melakukan itu untuk mendapatkan sebagian besar manfaatnya. Jalan Glacier Point berfungsi sebagai kode curang untuk Pohono, yang memungkinkan Anda melewati pendakian utama rute tersebut dengan mobil, lalu parkir di sejumlah titik awal jalur. Hal ini memungkinkan perjalanan backpacking yang sangat mudah. ​​Kami menempuh perjalanan melingkar selama dua malam dari Taft Point Trailhead, tetapi Anda juga dapat menikmati banyak manfaat dari jalur tersebut hanya dengan melakukan pendakian selama beberapa jam, dengan banyak pilihan rute yang akan memberi Anda pemandangan lembah yang menakjubkan.

Tentu saja ada peringatan: Ini adalah pedalaman yang sesungguhnya, dan itu mengharuskan Anda untuk datang dengan persiapan lengkap dengan semua peralatan, air, dan rencana pendakian yang jelas yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk menjaga keselamatan Anda. Bahkan pendaki berpengalaman pun telah meninggal di Yosemite musim panas ini.

Jika sudah siap, pendakian yang menakjubkan menanti di Pohono.

Sisi tenang Yosemite

Saya dan istri memulai pendakian di Taft Point Trailhead, yang terletak sekitar 20 mil di Glacier Point Road dari dasar lembah. Mobil kami melakukan pendakian yang sulit, jadi kami berangkat pada rute yang sebagian besar menurun, berjalan sekitar satu mil ke tepi lembah.

Ini adalah salah satu pendakian sehari yang paling mudah dilakukan di Pohono Trail. Butuh waktu kurang dari setengah jam bagi kami untuk sampai ke Taft Point, sebuah tempat pengamatan yang diberi nama sesuai presiden ke-27, yang menjelajahi taman tersebut bersama John Muir pada tahun 1909 dan makan ayam goreng saat piknik di dekat area yang sekarang menyandang namanya, menurut Mercury News.

Pendakian singkat ini membuahkan hasil yang menakjubkan. Tepi tebing menurun lebih dari 3.000 kaki ke lembah hijau di bawahnya. Anda dapat melihat dari dinding granit besar El Capitan hingga ke puncak Air Terjun Yosemite, menawarkan pemandangan yang lebih luas daripada apa pun yang mungkin dilakukan dari jalur dan titik pandang populer lainnya di dalam lembah.

Bila melihat ke atas dari dasar lembah, tebing Yosemite tampak monolitik, seperti Half Dome yang telah membeku sejak Ansel Adams dan John Muir menjelajahinya. Namun, lembah tersebut sebenarnya terus bergeser. Ini adalah sesuatu yang sangat diketahui oleh para pendaki Yosemite (rute mereka dapat menghilang dalam semalam): Bentuk taman yang aneh merupakan hasil dari geologi yang sangat tidak stabil.

Cara kerja alam yang aneh dan tidak biasa terungkap saat kami tiba di Taft Point. Saat menjelajahi area tersebut, kami mengintip ke dalam celah-celah raksasa yang memotong permukaan batu, dengan beberapa retakan memanjang ratusan kaki di bawahnya. Batu-batu besar muncul secara acak di beberapa celah, membuat Yosemite terasa seperti tumpukan batu yang berjatuhan, bukan pemandangan yang membeku dalam kartu pos berbingkai.

Beberapa kesunyian langka di Yosemite

Setelah menjelajahi celah-celah dan pemandangan Taft Point yang menakjubkan, kami melanjutkan perjalanan ke arah barat di jalan setapak, berjalan melalui hutan pinus Sierra Nevada dan sesekali menikmati hamparan bunga liar. Kami memulai pendakian kami pada sore hari di hari Jumat, dan saat kami berjalan melintasi jembatan kayu yang membentang di Bridalveil Creek, waktu sudah menunjukkan lewat pukul 5 sore. Kami menemukan tempat berkemah beberapa mil kemudian dan tidur sepanjang malam, berbagi lantai hutan dengan kerucut pohon pinus gula yang sangat besar, yang panjangnya bisa mencapai hampir 2 kaki.

Kami bangun sebelum matahari terbit dan berjalan sejauh satu mil menuju Dewey Point, sebuah bongkahan batu datar yang menjorok ke lembah, memberi kami pemandangan sempurna dari puncak Cathedral Rocks dan El Capitan yang tingginya seribu kaki. Perspektif kami terhadap tebing besar itu telah berubah dari pandangan kami sebelumnya di Taft Point, dan saya menyadari bahwa El Capitan sebenarnya bukan satu sisi, tetapi lebih seperti tepi kotak yang miring yang menunjuk ke tengah lembah. Pohono Trail terus menyingkap sisi-sisi baru Yosemite.

Setelah sarapan, kami berjalan lebih jauh ke barat. Jalan setapak itu dengan cepat menjadi lebih sepi semakin jauh kami melangkah dari Glacier Point Road. Saya menghitung sekitar 30 orang di Taft Point, jumlah yang relatif kecil untuk hari Sabtu di bulan Juli. Di Dewey Point, jumlahnya kurang dari 10 orang. Saat kami sampai di Stanford Point, titik pandang berikutnya di sepanjang jalan setapak, hanya ada kami berdua.

Sungguh suatu anugerah untuk menikmati pemandangan di Yosemite, tetapi ketika mengunjungi perkemahan dan jalur yang ramai di dasar lembah, tempat-tempat penting ini selalu bersaing — entah itu piknik keluarga Jerman yang terdengar seperti perkelahian di ruang sidang, orang-orang yang berlomba-lomba mendapatkan tempat foto terbaik, atau suara generator RV yang bergemuruh. Yosemite dalam kesendirian adalah pengalaman yang sama sekali berbeda. Lembah yang tidak biasa menjadi luar biasa. Saya merenungkan bentuknya, begitu aneh hingga tampak imajiner.

Mungkin karena kami hanya memiliki Stanford untuk kami sendiri, tetapi ini adalah sudut pandang favorit saya. Ditutupi pepohonan hampir sampai ke tepi tebing, pemandangan itu sendiri adalah bongkahan batu besar yang menjorok ke lembah. Di bawah kami, ada pemandangan langka Air Terjun Bridalveil yang mengalir dari tebing dalam garis yang sempurna dengan El Capitan di latar depan. Air Terjun Bridalveil hampir selalu menjadi air terjun pertama yang dilihat pengunjung saat mereka memasuki Yosemite, tetapi pemandangan dengan El Capitan sebagai latar belakang ini jarang terlihat. Yang membuatnya lebih istimewa, air terjun itu berkedip-kedip menjadi pelangi saat kami melihatnya, mengubah air terjun menjadi garis-garis kuning, hijau, biru, dan ungu.

Ke Kubah Sentinel

Kami menghabiskan malam kedua kami di dekat Bridalveil Creek lagi, dan kembali ke mobil kami keesokan paginya. Alih-alih langsung kembali ke awal jalan setapak, kami terus melewati tempat parkir kami menuju Sentinel Dome, mengambil jalan setapak di sisi tebing yang berkelok-kelok di sepanjang Roosevelt Point.

Ini adalah kesempatan pendakian harian yang luar biasa di Pohono — para wisatawan harian dapat berjalan kaki sejauh 4 mil dari Glacier Point Road yang akan membawa mereka ke pemandangan Roosevelt Point dan Sentinel Dome yang menakjubkan. Hanya dengan berjalan kaki beberapa jam, saya melihat beberapa pemandangan terbaik Yosemite.

Baik Air Terjun Yosemite Atas maupun Bawah terlihat segera setelah kami sampai di Roosevelt Point. Mengamati air terjun yang memiliki nama yang sama itu yang ditumpuk langsung di atas satu sama lain dalam garis air terjun setinggi 2.000 kaki membuat air terjun itu terasa lebih besar. Di sebelah barat berdiri El Capitan. Pohono Trail melanjutkan pergeseran perspektifnya yang membelok di tebing, yang sekarang berdiri di bawah lembah, melindungi Yosemite seperti pelompat terbesar di dunia.

Kami mengakhiri perjalanan dengan mendaki Sentinel Dome, gundukan granit besar yang halus dan terbuka yang menjulang tinggi di atas hampir semua tempat lain di taman. Dari puncaknya, kami dapat melihat seluruh taman tanpa halangan, termasuk Half Dome dan puncak-puncak Sierra yang menjulang tinggi.

Setelah berjalan selama berhari-hari di sepanjang tepi lembah, pemandangan Yosemite yang luas ini menjadi cara yang tepat untuk mengakhiri perjalanan kami yang mengubah perspektif. Kami telah melihat Yosemite dari sudut-sudutnya yang tenang; sekarang kami dapat menikmati taman itu dalam kemegahannya yang penuh.

Bahasa Indonesia: ___

(c)2024 SFGate, San Fransisco

Kunjungi SFGate, San Francisco di situs web sfgate.com

Didistribusikan oleh Tribune Content Agency, LLC.