Perjalanan Menuju Budaya Pribumi
Kami Menuju Uluru untuk Perjalanan Menakjubkan ke Budaya Pribumi Australia

TERBANG KE BANDARA AYERS ROCK adalah pengalaman yang tidak biasa, karena hamparan padang pasir yang mengelilinginya dan tanah berwarna merah mencolok yang mengapit landasan pendaratan. Putri saya dan saya datang untuk menjelajahi Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta yang terdaftar di UNESCO, bergabung dengan jutaan wisatawan yang telah berkunjung selama bertahun-tahun.

Saya tidak percaya butuh waktu lama bagi saya, seorang warga Australia, untuk berkunjung ke sana. Uluru adalah keajaiban geologi yang spektakuler—terpencil, berwarna merah, terbentuk dari aktivitas tektonik—dan salah satu landmark paling terkenal di Australia. Kami datang bukan hanya untuk melihat batu itu, tetapi juga untuk mendengar kisah-kisah Anangu, penduduk asli Gurun Tengah dan Barat yang merupakan penjaga asli tanah tersebut, yang dikenal sebagai Negara Pitjantjatjara–Yankunytjatjara.

Penulis dengan Uluru di latar belakang.

Dari bandara, kami naik salah satu bus antar-jemput berkelanjutan ke Resor Voyages Ayers Rock di Yulara dan diturunkan di Hotel Taman Gurun, menyediakan kamar-kamar dengan pemandangan Uluru. Resor ini merupakan pusat kegiatan yang berkembang pesat yang menawarkan pilihan akomodasi untuk setiap selera dan anggaran. Ada pusat kota kecil, yang terdiri dari supermarket, agen tur, toko-toko khusus, Galeri Australia Tengah (GoCA), dan menara komunikasi, yang disarankan untuk digunakan sebagai suar navigasi jika kita tersesat.

Keberlanjutan lingkungan menjadi yang terdepan dalam setiap usaha pariwisata di “Pusat Merah” Australia dan hampir setengah dari energi yang digunakan oleh Voyages Ayers Rock Resort adalah tenaga surya. Namun, keberlanjutan budaya sejauh ini menjadi fokus terbesar di sini, dengan operasi yang mendukung perlindungan sekitar 6.000 suku Anangu.

Budaya Anangu adalah salah satu budaya tertua yang masih ada di dunia. Ada hubungan yang mendalam dengan tjukurpa (pengetahuan dan hukum leluhur) yang meliputi tanah, bahasa, keluarga, dan masyarakat. Hubungan dengan tanah terasa di mana-mana, di dinding dan lukisan yang dihiasi dengan karya seni bertitik, banyak yang menggambarkan tjukurpa, dan bahkan melalui botol air kaca di resor, yang dihiasi dengan kata-kata Kapi Wiru, “air yang berharga.”

Lapangan Cahaya, Uluru
Penulis dan putrinya di Field of Light, Uluru.

Meskipun didgeridoo tidak identik dengan wilayah ini, namun ini adalah instrumen yang memiliki hubungan simbolis dengan Pribumi Australia budaya secara luas. Kami mendengar suara dengung yang dalam dan bergema dari GoCA saat kami menaiki bus untuk merasakan budaya yang terkenal Tur Lapangan Cahaya.

Di atas bukit pasir terpencil yang berjarak 15 menit berkendara dari resor, kami disambut dengan pilihan minuman dingin dari bar yang tidak meninggalkan jejak. Tempat ini, yang secara khusus dipilih untuk memamerkan pemandangan Uluru yang megah, ditutupi dengan kanopi semak hijau yang mengejutkan, disandingkan secara dramatis dengan tanah merah dan cakrawala merah yang bercahaya. Ini adalah momen emas yang “wow” yang layak mendapat tempat di Daftar Matahari Terbenam Terbaik Dunia.

Kemudian, saat makanan ringan dan minuman isi ulang ditawarkan dan cakrawala perlahan menghilang dalam kegelapan, 50.000 bola kaca yang tersebar di dataran perlahan menjadi hidup. Kami meluangkan waktu untuk berjalan-jalan dengan damai melalui Field of Light, instalasi seni bertenaga surya karya Bruce Munro, di bawah langit malam yang cerah penuh dengan bintang-bintang yang cemerlang.

Bola lampu bertenaga surya dari Field of Light.

Di tempat-tempat ini, sangat penting untuk memanfaatkan tur pagi dan sore hari sebaik-baiknya, untuk menghindari panas di musim panas dan menghindari lalat-lalat yang mengganggu sepanjang tahun. Namun, bahkan panggilan bangun pukul 5.30 pagi keesokan harinya tidak dapat menyurutkan semangat petualangan kami, karena kami tahu bahwa kami akan pergi untuk sarapan piknik saat matahari terbit di Taman Nasional. Pesta ini diikuti oleh Uluru Segway yang meriah dan terakreditasi Eco-Star yang mengelilingi seluruh dasar Uluru.

Setelah itu, kami menyusuri Mala Walk, jalur sepanjang dua kilometer di sekitar Uluru yang mencakup lubang air dan gua Mutitjulu yang terkenal. Sepanjang perjalanan, pemandu yang terakreditasi universitas memberi tahu kami tentang cara hidup suku Anangu. (Tahukah Anda bahwa getah merah pohon bloodwood dapat digunakan sebagai antiseptik alami?)

Tur Segway Uluru
Rebecca dan putrinya di Mutitjulu Waterhole (kiri) dan berkeliling seluruh dasar Uluru dengan Segway oleh Uluru Segway Tours (kanan)

Untuk makan siang dan kopi buatan barista, kami kembali ke Kafe Kulatakembali ke pusat kota. Dikelola oleh peserta pelatihan Akademi Pelatihan Pribumi Nasional Voyages, kafe ini mengajarkan keterampilan perhotelan yang berharga, yang membantu para pekerja menemukan jalur karier di bidang perhotelan dan pariwisata.

Pada bulan-bulan yang lebih panas, akan lebih mudah untuk bersantai di tepi kolam renang, atau mungkin bergabung dengan tur taman gratis di resor dengan pemandu adat, tetapi sebaliknya kami memilih untuk berjalan-jalan di sekitar GoCA. Ini berarti kesempatan untuk menjelajahi koleksi lukisan titik yang luar biasa – karya seni yang semarak dari seniman baru dan mapan – karya-karya yang dikurasi dari pusat-pusat seni yang lebih terpencil, dan dipamerkan di sini untuk menjangkau khalayak internasional.

Wintjiri Wiru
Sebagai penjaga tanah, Anangu menyimpan kisah Mala dari Kaltukatjara hingga Uluru. Untuk berbagi kisah mereka, RAMUS merancang dan memproduksi platform artistik menggunakan drone, cahaya, dan suara untuk menciptakan pengalaman bercerita yang mendalam. Courtesy of Voyages Indigenous Tourism Australia

Malam harinya, saya dan putri saya disuguhi pemandangan spektakuler Wintjiri Wiru Makan malam saat matahari terbenam, wintjiri wiru diterjemahkan menjadi “pemandangan indah ke cakrawala” dalam bahasa Pitjantjatjara. Makan malam tersebut menampilkan pertunjukan cahaya dan suara yang menyampaikan kisah leluhur Anangu dari suku Mala di langit melalui kombinasi laser, proyeksi, dan 1.200 drone.

Keesokan paginya, penerbangan pulang kami datang terlalu cepat, tetapi memberikan satu “wow” terakhir: pandangan dari dekat tentang apa yang kami rasakan sebagai teman baru kami yang berusia 550 juta tahun, Uluru, yang menjadi lebih akrab bagi kami melalui cerita dan budaya Anangu.

Bagaimana menuju ke sana:

Terbang ke Uluru (Ayers Rock) melalui Bandara Ayers Rock (juga dikenal sebagai Bandara Connellan).

1. Penerbangan internasional ke Australia: Jika Anda bepergian dari luar Australia, Anda perlu memesan penerbangan internasional ke salah satu bandara utama Australia, seperti Sydney (SYD), Melbourne (MEL), Brisbane (BNE), atau Perth (PER).

2. Penerbangan domestik ke Bandara Ayers Rock: Dari kota kedatangan Anda, pesan penerbangan domestik ke Bandara Ayers Rock (AYQ). Beberapa maskapai penerbangan, termasuk Qantas, Virgin Australia, dan Jetstar, menawarkan penerbangan langsung ke Bandara Uluru Ayers Rock dari kota-kota besar di Australia seperti Sydney, Melbourne, Brisbane, dan Cairns.

3. Untuk melihat Uluru: Setelah tiba di Bandara Ayers Rock, Uluru dapat dicapai dalam waktu sekitar 20 menit berkendara. Anda dapat naik bus antar-jemput reguler, menyewa mobil, atau menggunakan layanan tur yang telah diatur sebelumnya untuk mencapai Uluru.

Penulis melakukan perjalanan sebagai tamu Pelayaran. Desert Gardens Hotel, berbagi kamar mulai dari $420/malam, minimal 3 malam. Makan Malam di Wintjiri Wiru saat Matahari Terbenam mulai dari AUD 295 (dewasa) AUD 125 (anak). Makan Malam di Field of Light mulai dari AUD 335 (dewasa AUD 168 (anak).

Foto oleh Rebecca Foreman, kecuali dinyatakan lain.

Catatan:
Informasi dalam artikel ini akurat pada tanggal penerbitan.
Kami dapat memperoleh komisi afiliasi saat Anda berbelanja melalui tautan di situs kami.

Ditulis oleh

Rebecca Mandor

Rebecca Foreman adalah warga Australia yang tinggal di Sydney, sebelumnya tinggal di Inggris, Singapura, dan Indonesia. ..Baca selengkapnya