Saya Menginap di Tenda Mewah di Pulau Terpencil di Singapura

Sebagai penduduk kota, ada satu hal yang sulit saya lakukan: beristirahat.

Namun dalam perjalanan tiga hari ke Pulau Lazarus, sebuah pulau kecil lima mil jauhnya SingapuraSaya terpaksa melambat. Saya menghabiskan satu malam di tenda glamping di pantai.

Diluncurkan pada bulan Februari, Into the Woods adalah akomodasi yang mendukung gaya hidup santai. Biaya menginap di tenda adalah 380 dolar Singapura, atau $290.

Ray Lee dan Sam Wong, pendiri Into the Woods dan pasangan suami istri, mengatakan mereka ingin menciptakan ruang bagi orang-orang untuk bersantai tanpa khawatir mengikuti rencana perjalanan dan mengisi hari-hari mereka dengan berbagai kegiatan.

Para pendirinya gemar berkemah bersama anak-anak mereka saat tinggal di luar negeri, di AS dan Australia. Meskipun tidak memiliki latar belakang di bidang perhotelan atau real estate, mereka bersemangat untuk memulai sesuatu yang serupa di Singapura.

Selama pandemi, mereka tak sengaja menemukan inisiatif pemerintah untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan di Pulau Lazarus. Lee dan Wong akhirnya memenangkan tender tiga tahun untuk membuka Into the Woods di Pulau Lazarus pada Maret 2023. Pasangan itu memperkirakan bahwa mereka telah menginvestasikan hampir $800.000 dalam proyek tersebut — setengahnya berasal dari tabungan pribadi mereka.

“Kami ingin para tamu pulang dengan perasaan, 'Rasanya seperti saya tidak melakukan apa pun, tetapi saya merasa telah mencapai segalanya,'” tutur Wong kepada saya.

Apakah tidak melakukan apa pun bisa memuaskan? Saya akan segera mengetahuinya.

Saya menginap di Into the Woods pada suatu malam Minggu di bulan Agustus

Sesampainya di Lazarus, seorang anggota staf menjemput saya dari dermaga dengan kereta dorong. Kami melewati sebuah resor yang terdiri dari rumah kecil — satu-satunya akomodasi lain di pulau itu, dan tempat saya menghabiskan malam berikutnya — melewati satu-satunya toko serba ada di pulau itu dan mencapai tenda glamping di Pantai Lazarus beberapa menit kemudian.

Ada sembilan tenda, termasuk enam yang dapat menampung dua tamu dan tiga yang dapat menampung hingga empat tamu. Tenda-tenda tersebut ber-AC dan terletak hanya beberapa kaki dari air.

Bagian dalam tenda glamping

Tenda itu ber-AC lengkap dan dilengkapi berbagai fasilitas.

Ini bukan tenda biasa.

Kamar ini dapat menampung tempat tidur ukuran queen, tempat memasak dengan microwave dan kulkas, serta memiliki lantai kayu keras. Termasuk perlengkapan penting untuk seharian di pantai, mulai dari matras, makanan ringan gratis, dan tas pantai.

Hidup lambat di pulau

Pemandangan pantai dari tempat tidur.

Erin Liam/Insider Bisnis

Setelah berkemas, saya melangkah ke pantai untuk menjelajah. Namun, selain mencoba dayung berdiri di satu-satunya pusat olahraga air di pulau itu, tidak banyak yang bisa dilakukan. Jadi, ini hidup yang santai, pikir saya.

Saya duduk di pantai dan menikmati suasana sekitar. Saat itu hampir pukul 5 sore, dan pantai itu penuh dengan kehidupan. Para remaja memutar musik pop dengan keras melalui pengeras suara portabel mereka, anak-anak kecil membangun istana pasir, dan anjing-anjing berlarian bebas di atas pasir.

Sekitar pukul 6 sore, feri terakhir meninggalkan pulau, dan selain suara ombak yang menghantam pasir dengan lembut, pantai menjadi sunyi. Saat itu, rasanya seperti mimpi; Singapura memiliki salah satu kepadatan populasi tertinggi di dunia. Anehnya, rasanya nyaman sekali memiliki ruang yang begitu luas untuk diriku sendiri — dan 10 tamu lainnya di pantai.

Karena tidak ada tempat makan di pulau ini, para tamu dapat memasak makanan mereka sendiri atau mengemas makanan. Saya memesan terlebih dahulu satu set daging panggang seharga sekitar $52 dari toko swalayan di pulau ini. Paket ini cukup untuk dua hingga tiga orang dan berisi sate dan sosis, beserta makaroni dan keju serta otah, hidangan kue ikan panggang.

Ini merupakan kesempatan langka untuk memasak makanan saya sendiri di tepi pantai, jadi saya meluangkan waktu untuk menikmati setiap gigitan dan mengamati suasana sekitar.

Karena para tamu dianjurkan untuk mencuci piring mereka sendiri, saya menyingkirkan peralatan makan dan wajan yang kotor untuk dibawa ke wastafel dapur umum keesokan paginya.

Memanggang daging di pantai

Para tamu dapat memasak makanan mereka dengan kompor portabel dan peralatan memasak yang disediakan.

Erin Liam/Insider Bisnis

Tanpa TV dan koneksi internet yang buruk, saya harus memikirkan sendiri cara menghabiskan sisa malam saya. Untungnya, setiap kamar memiliki buku coretan dan jurnal refleksi, dan saya bersyukur atas kesempatan untuk melakukan refleksi diri.

Malam itu, alih-alih mendengarkan serial Netflix terbaru, suara deburan ombak di pantai membuatku tertidur lelap.

Keesokan paginya, pantai masih kosong

Saya melihat sepasang suami istri yang membawa Maltipoo dan Toy Poodle untuk liburan bebas repot.

“Meskipun kami memiliki WiFi di sini, saya tidak ingin bekerja atau memeriksa email,” kata Peiling Kong, seorang konsultan keuangan berusia 30-an.

“Ini adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota,” tambahnya.

Kong tidak sendirian dalam keinginannya untuk berlibur. Minat terhadap pengalaman glamping mewah telah meningkat setelah pandemi, kata Mike Harlow, manajer umum agen perjalanan mewah Scott Dunn, kepada saya setelah saya kembali dari perjalanan tersebut.

“Berada di lingkungan yang penuh tekanan, biasanya di tempat kerja, kami melihat orang-orang ingin merasakan pemandangan yang lebih luas, lebih banyak berada di alam, dan menjauh dari hiruk pikuk destinasi wisata yang ramai,” katanya.

Glamping telah mendapatkan popularitas di Singapura Selama beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan menawarkan jasa untuk mendirikan tenda di pantai dan taman umum. Mandai Wildlife Reserve, yang mengelola kebun binatang di Singapura, bahkan menawarkan pengunjung kebun binatang kesempatan untuk mencoba berkemah mewah di alam liar di tepi danau di Singapore Zoo atau di kandang penguin di taman burungnya — dengan biaya sekitar $1.300 per tenda.

Di Amerika, jaringan hotel juga ikut serta dalam aksi ini. Awal tahun ini, Hilton mengumumkan kemitraan dengan AutoCamp, yang memungkinkan para anggota menggunakan poin Hilton Honors untuk memesan perkemahan mewah. Demikian pula, para anggota World of Hyatt dapat menggunakan poin di properti tertentu milik Tn. dan Ny. Smith — yang mencakup beberapa resor glamping di seluruh dunia.

Perjalanan ke toilet kurang mewah

Meskipun tempat tidur yang nyaman dan ruangan ber-AC menawarkan pengalaman berkemah yang mewah, aspek lain dari menginap tidak terasa begitu mewah.

Tenda-tenda, misalnya, tidak menyediakan toilet dalam kamar. Para tamu harus berbagi toilet umum yang berjarak tiga menit berjalan kaki. Ini bukan hal yang sulit, tetapi merepotkan — terutama mengingat harga resor tersebut.

“Ini mengingatkan saya pada masa-masa saya di ketentaraan,” seorang tamu berusia 50-an bercerita kepada saya sambil bercanda.

Toilet umum di Pulau Lazarus

Karena tenda tidak dilengkapi toilet, tamu harus berbagi toilet umum, yang memiliki empat pancuran terpisah.

Erin Liam/Insider Bisnis

Ketika saya kembali dari perjalanan, para pendiri mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak dapat membangun toilet dalam karena keterbatasan biaya dan waktu. Mereka mengatakan Pulau Lazarus adalah destinasi yang “tidak terlalu ramai”, jadi mereka tidak ingin merusak kondisi alamnya dengan memasang pipa dan membangun sistem pembuangan limbah.

Gadis berpose dengan tikar pantai di tenda glamping.

Penulis beristirahat dengan tenang tanpa melakukan apa pun.

Erin Liam/Insider Bisnis

Secara keseluruhan, Into the Woods adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin mencoba berkemah di Singapura tanpa harus bersusah payah di alam terbuka. Jangan berharap pengalaman mewah yang akan Anda dapatkan di hotel bintang lima.

Tentu, tidak banyak yang bisa dilakukan. Namun, itulah intinya — saya merasa segar kembali dan siap kembali ke kehidupan kota.

Business Insider menanggung biaya menginap penulis.